Susahnya Menjadi Seorang Newbie Blogger..!!!

Jujur inilah mungkin masa-masa yang paling meresahkan bagi saya pribadi dalam aktivitas blogging, masa-masa newbie..!!. masa dimana semangat juang empat lima berkobar-kobar dalam dada untuk memperkaya diri dari blog pribadi murahan (baca: gratisan hahaha), berburu dollar internet seperti yang dijanjikan diberbagai iklan-iklan yang bertebaran sampai-sampai megorbankan pacar yang sudah merasa dicuekinlah, merasa ngak disayanglah, dianggap selingkuhlah atau apalah yang lainnya yang sudah tidak bisa saya sebutkan satu satu, dan lebih gilanya lagi "tidak mandi" tiga hari tiga malam di depan komputer demi memenuhi rasa penasaran saya dalam mencari referensi dan informasi yang tepat dalam berburu dollar (sudah bau kambing nih ketek).

Iya newbie seperti saya (atau mungkin ada yang lebih ekstrim di luar sana) memang bisa menjadi batu karang yang kokoh yang tak gampang goyah (cieh...cieh..) sekaligus petarung yang mengorbankan segalanya demi memenuhi rasa penasaran dan keinginan ini untuk mendapat "real dollar" yang betul-betul bisa dikunyah seperti yang dikatakan master-master blogger yang sukses di luar sana (lebay mode:on).

Mungkin di masa-masa inilah banyak para blogger-blogger pendatang baru (maunya serba instan dalam meraup dollar seperti saya, jiakakaka..) yang akhirnya menyerah dalam kegiatan blogging, sehingga membiarkan blognya terbengkalai begitu saja karena menganggap semua hanya sia-sia. Dan jangan salah, dalam dunia blogging ini ada banyak istilah-istiah aneh yang baru saya ketahui seperti misalkan apa itu pagerank, backlink, SEO, traffic, trackback, konten, keyword dan lain sebagainya yang mesti dipelajari dan diperhatikan (wah segitu banyaknya).

Akan tetapi terlepas dari semua itu dan seiring dengan berjalannya waktu saya mulai berfikir dan sadar bahwa apa yang saya pikir selama ini ternyata salah total, dunia maya/online tidak jauh beda dengan kehidupan nyata kita, butuh waktu, kerja keras dan usaha untuk meraih imbas dari apa yang kita lakukan selama ini, ya meskipun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis untuk meraih penghasilan.

Terakhir saya ucapkan banyak terima kasih pada kawan-kawan yang bersedia membagi tips-tips serta pengalamannya dalam dunia blogging yang baru saya geluti ini, moga-moga sukses seperti master-master blogger lainnya.

Salam Blogger.

9 komentar:

  1. setahun yang lalu saya tidak jauh beda dengan anda, rasa ingin tahu banyak soal blog tinggi sekali sampai hal kecil seperti makan jadi lupa, tapi saran saya sebaiknya pelan2 saja tidak usah tergesa-gesa karena ilmu blog itu banyak sekali, mulai dari cara menulis sampai SEO, semangat terus ya semoga sukses,

    kalau mau sharing cara dapat $$$ saya siap membantu :)

    BalasHapus
  2. wah ngak nyangka kalo blog saya yang baru seumuran jagung ini sudah dapat komentar pertamanya..
    hahaha senangnya..
    makasih banyak om atas saran dan kunjunganya, moga bisa membangun silaturrahim yang lebih baik kedepannya. Amin..

    BalasHapus
  3. awal awal ngeblog saya juga menggunakan blogspot...he..he..he... cara pemikiran sayapun nggak beda jauh ama Anda yaitu monitize, SEO, trafik, bla bla bla... tapi dengan berjalannya waktu saya capek mikirin hal-hal tersebut diatas, ngeblog ya ngeblog aja, selama kontent/artikel yang kita buat bermutu dan bermanfaat untuk banyak orang semua itu pasti datang sendiri.

    Yang penting rutinitas dalam menerbitkan artikel dan fokus. happy blogging....

    BalasHapus
  4. @om Rudy, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya om,
    saran yang sangat membangun, yak pokoknya "keep pozting aja deh"..
    smangat..!!!!!!

    BalasHapus
  5. Setuju dengan rudy di atas. Sebaiknya jangan terlalu terobsesi dengan SEO. Tujuan ngeblog jangan sekedar memperoleh pengunjung tapi membuat komunitas.

    Buat saja artikel yang baik dan bermutu. Jangan menulis untuk google tapi menulislah untuk diri sendiri dan pembaca. Untuk SEO lakukan saja seadanya, misalnya membuat judul yang baik, pemberian tag alt untuk setiap gambar dan hal-hal kecil lainnya. Jangan berharap melakukan hack SEO, seperti digembar-gemborkan SEO expert. Itu semua bohong! Kenapa? Karena algoritma google itu rahasia, tidak ada yang tahu. Hanya google yang tahu dan algoritma itu terus berkembang semakin pintar.

    BalasHapus
  6. @om Jeprie, betul om saya juga pernah dengar kalau algoritma pencarian google itu berubah-ubah sepanjang waktu.

    perlu buat artikel yang menggemparkan jagad blogger untuk bisa nongkrong di posisi nomor wahid, wakakaka...(mimpi)

    BalasHapus
  7. hehe... saya dulu pertama ngeblog tujuan malah tidak mencari $$$ tp murni karena hobby nulis dll...
    tp sekarang ya mencari dollar yang tujuan kedua, lmyn soalnya buat bayar hosting :D

    BalasHapus
  8. sama mas.. saya juga newbie blogger... hehe

    BalasHapus
  9. @tomi, moga sukses ya..!!, jangan lupa sharing ilmunya om kalo udah sukses nanti... hahahaha..

    @kampus blog, semangat..!!
    kita sama2 belajar

    BalasHapus